Tips Menangkal Spyware

Bisa jadi anda tidak mengetahui, ketika komputer anda melakukan apa yang semua anda lakukan. Bahkan bisa jadi merekam semua apa yang anda ketik dan memonitor setiap situs yang anda kunjungi di internet.

Ini seperti tindakan hacker tetapi, ini bisa dilakukan oleh mereka yang menginginkan informasi pribadi anda. Dan mata-mata yang menempel di komputer ini disebut spyware.

Sypware bisa menginstall banyak program yang tidak anda inginkan. Misalnya saja, toolbars atau lubang search yang muncul di atas browser anda. Semua ini akan menghambat kecepatan komputer anda yang potensial membuat komputer crash atau hang. Bisa jadi pula, anda dibombardir dengan banyak iklan pop up.

Spyware seringkali datang melalui program shareware. Banyak shareware yang bermanfaat tetapi banyak pula yang datang beserta spyware.

Untuk menangkal spyware, coba saja langkah ini. Sebelum mendownload program, cek lebih dulu di http://www.spychecker.com. Di sini akan banyak terdaftar program yang mengandung spyware seperti Bonzi Buddy, Gator, Go Hip, HotBar, and Kazaa.

Jika tidak ingin ada spyware, install software firewall seperti ZoneAlarm yang tersedia di http://www.zonelabs.com.

Jika spyware sudah masuk ke komputer dan anda ingin menghapusnya, download program pemindah spyware seperti Adware di http://www.lavasoftusa.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: