Hari Kejepit, Rupiah Dekati 9.300

AKARTA,SENIN – Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antar bank Jakarta, Senin pagi turun, karena pelaku pasar membeli dollar AS, namun posisinya masih di bawah Rp 9.300 per dollar AS, setelah pada akhir pekan lalu bergerak naik. “Aksi beli dollar AS oleh pelaku pasar mengakibatkan rupiah terkoreksi, namun pembelian dollar AS tidak besar, karena sebagian pelaku masih berlibur,” kata Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova seperti dikutip Antara di Jakarta, Senin (19/5).

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mencapai Rp 9.290/9.295 per dollar dibanding penutupan akhir pekan lalu Rp 9.281/9.305 per dollar AS atau turun sembilan poin.

Menurut dia, pasar saat didominasi aksi beli dlolar AS dalam jumlah relatif tidak besar, aktivitas pasar juga kurang ramai. “Meski demikian pasar tetap buka sampai penutupan sore hari,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaku pasar juga cenderung menunggu pengumuman pemerintah mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan diumumkan pada akhir bulan ini. “Pemerintah berencana menaikkan harga BBM sebesar 30 persen untuk mengurangi defisit anggaran pemerintah yang terus membengkak, namun rencana itu menimbulkan aksi demo oleh para mahasiswa yang menolak kenaikan tersebut,” katanya.

Karena kenaikan BBM akan menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan  akan makin melambat, apalagi sektor rill masih belum berjalan sebagaimana mestinya. “Kami optimis kenaikan itu akan memberikan dampak negatif yang besar bagi pertumbuhan ekonomi, karena akan memicu harga barang di pasar yang akan menekan daya beli masyarakat makin melemah,” katanya.

Rupiah, menurut dia pada penutupan sore nanti diperkirakan masih tertekan, karena pasar cenderung masih negatif terhadap rupiah, apalagi belum muncul faktor baru yang mendukung mata uang lokal itu bergerak naik.
EDJ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: