Sepeda Motor dengan Bahan Bakar Air

Palu – Ditengah semakin mahalnya harga bahan bakar minyak sebuah terobosan baru berhasil dilakukan untuk mengatasi ketergantungan masyarakat akan bahan minyak utamanya untuk kendaraan bermotor. Adalah Voll Johannes Bosco seorang Pegawai Negeri Sipil di RRI Palu Sulawesi Tengah berhasil mengembangkan teknologi sepeda motor dengan bahan bakar air.

Penemuan Voll Johannes Bosco seorang PNS di Radio Republik Indonesia Kota Palu ini sempat dipamerkan di ajang Gelar Teknologi Tepat Guna di Manado akhir pekan lalu.

Pengembangan teknologi mesin bermotor ini telah dilakukan Voll sejak beberapa tahun lalu. Berawal dari keprihatinan akan ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak, Voll mencoba memanfaatkan air sebagai bahan bakar. Setelah melalui berbagai esperimen, Voll yang mengaku hanya lulusan SMA ini berhasil menjalankan mesin sepeda motor.

Penemuan Voll ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi pengguna BBM di masa yang akan datang. Voll bersama 8 rekannya yang kini tergabung dalam Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknologi di Palu terus berusaha agar tahun 2008 mendatang penemuan mereka akan dinikmati masyarakat luas.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahkan telah memberikan nama bagi penemuan ini yaitu Paliliju yang berarti Palu itu maju. Sayangnya penemuan Voll dan rekan-rekannya ini belum dipatenkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: