Alat Gaul Gratis di Ponsel

Saat ini, banyak beredar aplikasi jaringan pertemanan yang bisa berjalan di ponsel. Namun umumnya setiap aplikasi hanya memiliki satu fungsi, misalnya hanya bisa chatting, cek e-mail, atau menyimpan phonebook. Dengan Nimbuzz, banyak kebutuhan pertemanan sosial akan terjawab, dalam satu aplikasi.

Didirikan 2006 dan berkantor pusat di Belanda, Nimbuzz merupakan aplikasi Java gratis yang menawarkan satu kesatuan fungsi bagi pengguna komunikasi bergerak, termasuk di PC dan Web, untuk melakukan panggilan, conference call, instant messaging, chatting dalam grup atau privat, serta berbagi file/foto pada berbagai komunitas IM seperti Skype, Windows Live Messenger, Google Talk, YahooMessenger, AIM, Jabber dan ICQ, termasuk Facebook dan MySpace.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Nimbuzz, dan semuanya gratis. Anda hanya perlu biaya untuk akses GPRS sesuai tarif operator. Nimbuzz bisa melakukan panggilan VoIP ke sesama ponsel, chatting, membuat ruang chatting sendiri untuk diskusi terbatas, berbagi file/foto/ringtone, berkirim SMS ke sesama pengguna Nimbuzz, menaruh pesan suara (Voice mail), menyimpan file-file dengan kapasitas tak terbatas, menyimpan phonebook dan melakukan backup , atau mengundang rekan pengguna Nimbuzz yang sedang Offline.

Enaknya lagi, semua fitur Nimbuzz ini bisa diakses baik dari ponsel Java (500 tipe dari 22 merek ponsel) atau pun PC. Tentunya dibutuhkan akses Internet untuk mengaksesnya.

Inilah caranya:

1. Lakukan instalasi (http://www.nimbuzz.com/en/download/options) dan aktifkan Nimbuzz. Pilih Start Test untuk mulai menguji koneksi dari ponsel ke server Nimbuzz. Pilih Yes saat muncul pesan bahwa aplikasi akan mengirimkan data, yang berarti mengaktifkan GPRS.

2. Tunggu beberapa saat sampai proses testing selesai. Jika berhasil, akan muncul pesan bahwa proses testing telah berhasil.

3. Lanjutkan dengan Register as new user untuk melakukan pendaftaran pertama kali. Isikan data-data yang diperlukan seperti Username, Password, dan alamat e-mail. Tunggu beberapa saat, Nimbuzz akan menyimpan data ke server-nya.

4. Agar bisa menggunakan fitur Call atau Buzz (mengajak bicara anggota yang sedang Offline), masukkan nomor telepon. Pilih benua Asia dan negara Indonesia. Lalu masukkan nomor telepon Anda.

5. Berikutnya, Anda akan diberi pilihan apakah akan melakukan panggilan (Call) dan Chating ke IM lain. Jika ya, maka pilih beberapa IM yang ada di daftar, misalnya YahooMessenger.

6. Agar bisa berkenalan dengan anggota lain, Anda perlu membuat Profile pribadi yang bisa dibaca oleh anggota Nimbuzz lain. Masukkan data pribadi Anda, lalu Ok.

7. Anda akan dibawa masuk ke menu utama Nimbuzz, yang berisi Messages, Online gallery, Phonebook, dan Chat rooms. Anda bisa melakukan pengaturan aplikasi, lewat Menu>Settings. Ada banyak yang bisa dilakukan, misalnya pengaturan Contact list, Display, Camera, Connection Type, Data Counter, Templates, notifikasi Incoming Call/New chat message/New message.

8. Di bagian Message, bisa dilakukan pengiriman pesan teks, pesan suara atau foto.
Di bagian Chat rooms, Anda bisa melihat semua judul ruang chatting yang ada dan ikut nimbrung di dalamnya. Anda juga bisa membuat ruang chat sendiri, baik bersifat umum ataupun tertutup (privat).

9. Jika dilihat di bagian List all chat rooms, maka akan muncul 2979 ruang chat di dalam server Nimbuzz.

10. Jika ada pesan SMS dari sesama anggota Nimbuzz, akan muncul pesan You have received 1 message(s). Pilih Show untuk membacanya. Pesan SMS yang dikirimkan hanya membutuhkan biaya sangat kecil karena dikirimkan lewat GPRS, bukan lewat jalur SMS biasa.

Sumber: Sinyal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: